pelangi..pelangi...

pelangi..pelangi..
alangkah indahmu..
merah..kuning..hijau..
dilangit yang biruuu...

pelukismu agung...
siapa gerangan...
pelangi..
pelangi..
ciptaan Tuhann...

Sabtu, 20 April 2013

Si Doel

Kalo ada yang iseng nanya gue tentang sinetron favorit,
maka lo ga akan pernah dengar  kata "tersanjung" dari mulut gue, bukan cinta fitri, bukan putih abu-abu apalagi angling darma.
Favorit gue adalah si doel, si atun, dan yang paling asik adalah babe dan bang mandra.

Sinetron yang dari zaman gue SD, gue SMP, gue SMA, gue kuliah dan kuliah (semasa kuliah udah 3 kali tayang ulang), sampe zaman gue pengangguran, sampe zaman ga pengangguran lagi, sinetron ini ga selesai-selesai. Bukan karena episodenya yang dengan bangganya berhasil mencapai 5 ribu episode.

Tapi karena selalu enak ditonton, pemerannya dan ceritanya ga lebai, dan selalu ditunggu-tunggu, terbukti selalu ditayang ulang setiap tahunnya.

Dan gue, selalu excited ketika iseng-iseng pindah channel tipi terus tiba-tiba menemukan muka-mukanya Doel, mandra, babe, atun, nyak.

Gue suka temanya, gue suka pemeran-pemerannya, gue suka setting tempatnya yang ijo-ijo gitu, suara burung, suara air, yang satu lagi nunggu warung, yang satu lagi nyuci oplet, yang satu lagi nggerek sangkar burung, yang satu lagi ngaso di teras, dan pengambilan gambar ga melulu close up dan penuh dempulan kayak sinetron jaman sekarang.

Contoh: ga miskin ga kaya, udah jelas-jelas adegan bangun tidur, tapi bedak, blush on, maskara yang ada di muka seperti adegan mau kondangan --> sinetron jaman sekarang

Lo liat dah tuh mukanya bang mandra, atun, dan bang doel, ga ada polesan sama sekali, klop sama karakter dan settingannya.

Contoh lain: ga miskin ga kaya, peran sih ceritanya emak sama anak, tapi yang maen mukanya lebih cocok ke kakak sama adik.
Atau ceritanya sih udah nikah dan punya anak, tapi yang meranin justru bocah. --> sinetron jaman sekarang

Bukan keren karena bisa meranin karakter yang bertolang belakang sama artisnya sih, tapi malah jadinya maksa.

Contoh lain (lagi): ceritanya sih lagi adegan dirumah sakit, tapi syuting justru di ruangan/studio yang disettingin yang terlihat-sangat-jelas bukan dirumah sakit. -->sinetron jaman sekarang.

Atau ceritanya sih lagi ngobrol di dalem mobil yang sedang jalan, tapi terlihat sangat jelas kalo mobil ga jalan, tapi bayangan pohon di kaca mobil yang dibikin gerak.--> sinetron jaman sekarang.

Entah karena terlalu kreatif, terlalu irit atau...terlalu males.
Tapi yang paling penting adalah esensi ceritanya.

Yang pas, ga dikurangin, atau mentang rating naek, episode ditambah-tambah sehingga sinetron jadi hilang orientasi terhadap cerita dan judul akibat cerita yang ngalur ngidul.

And Si Doel Anak Sekolahan still being my best favourite of Indonesian drama serial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar